Pengertian, sejarah, pemasangan, penggunaan dan keuntungan menggunakan whatsapp

Pengertian WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi pesan dalam jaringan untuk smartphone atau Android dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi seperti pesan pada umumnya yang berfungsi untuk bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger berjalan menggunakan koneksi jaringan pada Android. Dengan menggunakan WhatsApp, kita bisa melakukan obrolan secara online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.




Pengertian, Sejarah, pemasangan, penggunaan dan keuntungan menggunakan whatsapp


Sejarah WhatsApp

Awalnya, WhatsApps dibuat hanya untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone dan Symbian.

Sampai pada November 2010, WhatsApp menduduki posisi peringkat ke 3, aplikasi yang paling banyak di unduh.

Cara pemasangan dan penggunaan WhatsApp

Sebelum menggunakan WhatsApps terlebih dahulu simak caranya :

1. Download aplikasi tersebut dari websitenya. Sedang memasang 

2. Install aplikasi tersebut ke smartphone.

3. Daftarkan nomor telepon anda tanpa menggunakan 0 atau format internasional karena WhatsApp menggunakan nomor telepon anda untuk membuat akun whatapps.

4. Pihak Whatsapp  kemudian akan mengirimkan kode konfirmasi via SMS, selanjutnya masukan kode verifikasi ke langkah pendaftaran whatsapp. Setelah Anda mengkonfirmasi nomor telepon Anda, Anda siap untuk menggunakannya.

5. Aplikasi WhatsApp secara otomatis akan mendata kontak handphone untuk menunjukkan siapa saja yang sudah menggunakan aplikasi WhatsApp. Untuk mengetahui siapa saja yang sudah memakai aplikasi whatsapp, tekan pada tab contact

6. Sekarang kalian bisa berkomunikasi dengan teman-teman anda.

7. Kalian juga dapat mengundang teman atau keluarga untuk menggunakan WhatsApp dengan menggunakan fitur Invite Friends.


Perangkat yang didukung


WhatsApp dapat dijalankan pada beberapa platform yaitu:

1. Apple iOS.
2. BlackBerry (sudah tidak didukung). .
3. Android.
4. SymbianNokia Series 40.


Keuntungan menggunakan WhatsApps

1. Bukan hanya teks.

Selain teks yang bisa dikirim WhatsApp juga memiliki banyak  fitur-fitu menarik seperti mengirim gambar, video, suara, dan lokasi GPS via hardware GPS atau Gmaps. Media tersebut langsung dapat ditampilkan dan bukan berupa link.

2. Terintegrasi ke dalam sistem Android

Layaknya sms, tidak perlu membuka aplikasi untuk menerima sebuah pesan. Notifikasi pesan masuk ketika handphone sedang off akan tetap disampaikan ketika handphone sudah on.

3. Membuat Status Pesan

Layaknya Facebook pada Whatsapp juga kita dapat membuat status pada profil kita.

4. Melakukan Broadcats dan Membuat Group chat

Broadcast dimana kita dapat mengirim pesan sekaligus kesemua kontak yang ada di Whatsapp. Group chatdengan membuat grup chat kita dapat berdiskusi dengan sesama anggota grup chat yang sudah kita buat.

Kesimpulan :

Whatsapp merupakan aplikasi yang berguna untuk berkomunikasi layaknya sms, tetapi dalam melakukan komunikasi tersebut kita diharuskan untuk menggunakan jaringan data pada handphone kita. Alhasil pulsa kita tidak akan terambil oleh operator karena kita menggunakan jaringan data.

Selain fitur text yang bisa kirim kita juga dapat mengirim dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada aplikasi whatsapp seperti foto, dokumen dan lain-lain.

mungkin itu saja postingan kali ini dari TutorDr0id semoga bermanfaat buat kalian 🙂 jika ada yang perlu ditanyaka bisa kalian tanyakan pada kolom komentar yang berada di bawah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memperbaiki Fix Audio Mx Player Tidak Mendukung AC3 Dan DTS Dolby Audio